Thursday, July 20, 2017

Review Vacuum Cooler Laptop(Merk Taffware)



Laptop saya keluaran sekitar tahun 2014 dan laptop E1-470G dari Acer saya sudah bekerja sekitar 3 tahun ketika artikel ini dibuat. Entah mengapa laptop saya mengalami permasalahan suhu. Saya tidak terlalu tahu mengenai berapa suhu maksimalnya dan lain-lain. Yang jelas laptop ini sangat panas ketika saya gunakan untuk gaming bahkan untuk browsing sekalipun.

Ketika saya membeli laptop ini, saya mendapatkan bonus Cooling fan seharga Rp 25.000 . Saya kira dengan cooling fan tersebut (Apalagi kipasnya besar) akan dengan mudah mengatasi permasalahan panas di laptop saya. Tapi ternyata tidak demikian. Tetapi saya belum pernah mencoba cooling fan yang berharga ratusan ribu. Saya takut bila telah mengeluarkan uang sekian banyak hanya untuk nol performa.

Setelah baca-baca sedikit ternyata laptop yang panas juga mempengaruhi performa. Dikarenakan ketika panas, kabel-kabel atau sambungan-sambungan pada sistem laptop akan memuai kemudian proses transfer menjadi lambat.

Nah, karena tidak mau berkelanjutan. Saya inisiatif mencari alternatif dari cooling fan laptop dan ternyata vaccum cooler laptop menjadi solusinya. Entah ini inovasi dari kapan saya kurang tahu. Akan tetapi ketika artikel ini dibuat, produsen-produsen besar sepertinya enggan membuat produk serupa. Akan tetapi tetap fokus pada cooling fan.

Lanjut ke bagian review.

Desain dari vaccum cooler laptop ini agak sedikit sangar. Mungkin agar muncul kesan gamingnya. Penempatan tombol berada di sebelah atas. Penggunaan tombol ini dengan cara diputar. Tombol ini juga include on/off lalu apabila diputar agak jauh mengatur kecepatan RPM(putaran) kipas. Walaupun dengan mode pemutar untuk pengaturan kecepatan kipas, kecepatan kipas di benda ini hanya memiliki 3 mode. Letak lubang kabel berada disebelah kiri. Jadi ketika sedang dipakai. Penempatan kabel itu akhirnya memutar. Mungkin akan lebih efektif apabila vaccum cooler laptop diletakkan disebelah kanan laptop dengan catatan lubang pengeluaran panas laptop anda berada disebelah kanan juga.

Kualitas bahan dari vaccum cooler laptop ini terasa ringkih. Bila diketok sangat berasa kesan ringkihnya. Dan saya rasa hanya memiliki satu sirkuit kecil tepat pada tombol putar on off saja.

Suara vaccum cooler laptop terasa bising ketika full load. Ketika tidak full load saya kira tidak bising.

Ketika saya membeli vaccum cooler laptop ini , terdapat beberapa item didalamnya. Yang pertama vacuum coolernya, kemudian kabel plug dari usb ke vacuum coolernya. Lalu ada 1 jangkar dan 3 buah karet silikon.

Jangkar ini berfungsi agar vaccum cooler laptop ini tidak kemana-mana ketika dipakai. Jangkar ini diberi selotip untuk direkatkan di bagian bawah lubang pengeluaran panas laptop. Posisi dari jangkar ini berada tepat dibawa vaccum cooler laptop dan berada dibawa lubang pembuangan laptop.

Karet silikon berguna untuk jembatan dari vaccum cooler laptop ke lubang pengeluaran laptop tersebut. Karet silikon ini berguna sebagai perantara lubang laptop ke vaccum cooler laptop. Karet silikon ini memiliki 3 pilihan ukuran yang sudah ada di boksnya.

Performa dari vaccum cooler laptop sangat baik. Ketika saya gunakan untuk bermain game berat seperti PES 2016 atau NBA 2K14, panas dari laptop saya sangat terkurangi dari semula. Alhasil performa dari laptop saya tetap terjaga karena suhu yang dihasilkan juga stabil.

Kesimpulannya saya sangat merekomendasikan barang ini. Harga yang murah sekitar Rp 75.000 dan sangat efektif. Perlu diingat bahwa letak pembuangan panas di setiap laptop itu berbeda-beda. Apabila letak pembuangan panas berada disamping seperti laptop saya maka barang ini sangat pas. Barang ini sangat kecil , memudahkan untuk dibawa kemana-mana.

Perlu diingat bahwa benda ini dapat dipakai dengan mudah apabila kita menggunakan laptop di atas meja. Saya kira akan kesulitan menggunakan benda ini ketika penggunaan laptop tidak berada di atas meja.
Saya kurang tahu tentang umur benda ini. Akan tetapi dengan usia sekitar 3 bulan pemakaian, semua tombol dan fungsi benda ini masih sangat baik.

Berikut adalah link pembelian yang saya dapat dari Lazada (Link Pembelian)
Harganya hanya sekitar Rp 65.500 per tanggal 3 Juli 2018


Baca juga :
Share:

1 comment:

Powered by Blogger.

Featured Post

GOOGLE PIXEL 3, Raja Notch?

Followers

Search This Blog